Menulis Dikejar Deadline. How Can I Do This?

Selamat malam semua, kali ini saya memang sedang menutup sesi pertanyaan di kelas kita. Saya lebih mengedepankan bagaimana kalian akhirnya speak up di kelas saya. Karena ini kelas Author Talk Edition, harusnya memang kalian lah yang banyak bicara dikelas ini. Hehehe, mungkin minggu depan kita sudah bisa saling bertanya dan menjawab. Tapi untuk kali ini kita adakan diskusi kecil saja di sini.

Pernahkah kalian menulis dalam keadaan yang dikejar deadline? Semisal ada lomba di bulan depan sedangkan kalian tak memiliki ide untuk menulis. Padahal kalian ngebet banget buat ikut lomba itu karena hadiahnya menggiurkan atau sejenisnya? Pernahkah kalian dalam keadaan seperti itu? Saya pribadi sering. Menyebalkan memang… heheheh

Sebenarnya, menulis dengan metode dikejar deadline memang kurang sehat untuk penulis manapun. Seringnya isi tulisan kita malah menjadi kurang fokus, lari dari topik yang diangkat, feelnya kabur dan lain sebagainya. Sekalipun sebenarnya sudah ada tema tertentu yang menjadi panduan, kurangnya bahan bacaan dan ketidaksiapan kita menghadapi deadline saat itu ternyata bisa menjadi kendala. Terutama untuk mahasiswa, siswa, para pekerja kantoran dan sejenisnya yang selalu sibuk setiap hari dengan berbagai macam tugas yang ada.

Kalau saya sih biasanya pertama kali memantapkan diri dulu, saya ini penulis musiman atau memang penulis yang memiliki passion? apakah saya penulis yang hanya ikut-ikutan atau memang saya punya mimpi disana. Dengan begitu saya jadi tahu apa yang musti saya lakukan.

Nah, kalau udah tahu aapa yang menjadi motivasi kalian nulis maka akan ada tips selanjutnya. Pertama, kita harus tahu, menulis sebenarnya nggak boleh tergantung mood. Aalasan nggak ada media komputer atau laptop atau malah nggak ada hp itu hanya bualan saja. Bilang saja males. Gampang kan? Nulis itu perlu passion. Mood nggak mood tetap harus menulis, dengan begitu kalian akan punya tabungan draft nantinya. Entah itu dalam bentuk buku atau dalam Ms.Word. Nah, draft ini bisa kalian gunakan ketika kalian dikejar deadline lomba atau semacamnya. Bisa dibantu dengan sering ngobrol sama orang. Sebenarnya berfacebook, bertwitter, berweibo ria ketika menulis itu nggak sehat. Tapi kalau sesekali boleh lah, karena kadang celutukan orang disekitar kita justru buat kita terangsang untuk berkreasi dan memperbaiki draft yang sudah ada.

Kalian perlu disiplin dalam menulis. Sebenarnya dikejar deadline itu bagus, dengan begitu kalian akan punya niat yang tinggi untuk menyelesaikannya. Saya pernah nulis yang tanpa inspirasi, yang penting disiplin. Alah, sebenarnya inspirasi itu hanya bahasa kerennya saja. Tanpa menunggu inspirasi pun sebenarnya bisa kok menyelesaikan menulis dalam waktu yang sudah ada. Yang penting disiplin.

Waktu itu saya pernah menulis untuk teman saya yang sedang ulang tahun sebagai hadiah untuknya. Saya dudu dari pukul delapan pagi sampai magrib di depan laptop, dan berhenti untuk beribadah dan mandi hanya karena saya mau ngasih cerita itu tepat jam tujuh malem untuknya. Sekalipun saya membuat deadline itu atas diri saya sendiri, setidanya saya tetap menjaga konsistensi, kedisiplinan untuk terus menulis hingga batas waktu yang ditentukan. Nah, disini saya menekankan untuk terus konsisten dalam menulis. Kalau jamnya segitu, ya selesaikan pada saat jam itu juga. Jangan beralasan mati ide, itu males saja menurut saya. Hahahaahah, sarannya, jalan-jalan, boleh blog walking, boleh juga jalan-jalan yang sebenarnya. Banyak baca buku dan refreshing dengan dengerin musik atau game. Biasanya sih itu efektif untuk saya pribadi.

Nah, itu yang saya lakukan. Bagaimana dengan kalian? Apa yang kalian lakukan untuk mengatasi problem itu? Marii di share disini, bantu teman kalian yang lain yang mungkin memiliki masalah yang sama dengan yang pernah atau sedang kalian alami.

 

Ditulis oleh Miss A@KFFSchool pada 5 Oktober 2013.

Tinggalkan Balasan

