#KBBI Games 1

Malam ini, kita sudah belajar untuk mengetahui kata-kata umum yang hingga sekarang masih saja ada yang salah dalam menggunakannya.

 

Sebut saja telur dan telor, apa bedanya? Adik saya juga suka menggunakan kata telor untuk meminta sarapan pada ibu, dan ibu mengerti dengan baik apa yang dikatakannya. Bukankah bahasa itu untuk diucapkan? Kenapa repot sekali belajar tulisan yang benar dan salah?

Pernah kan berpikir seperti itu? Tapi kadang kita lupa, tak semua orang bisa bicara dengan baik. Maka melalui tulisan mereka bisa bicara dan mengutarakan bahasa yang mereka pahami. Bukan mengenai mereka yang tuna wicara tapi mereka yang memang memiliki kepribadian kurang terbuka maka berbicara itu pun bisa menjadi amat susah dilakukan. Dan dengan tulisanlah mereka memulai untuk bicara. Semacam itu alasannya. Nah makanya, bagi saya menulis dengan benar itu penting. Bagaimana menurut kalian?

 

Okelah, saya mau kasih jawaban yang tadi. Semoga kita bisa belajar dari sini, jika ada kesalahan dari saya jangan sungkan untuk menginterupsi. Toh saya juga tidak lebih pandai dari kalian, pun sebaliknya. Saya hanya kebetulan tahu lebih dulu saja =,=

 

1. Resiko atau Risiko?

Yang benar kalau kata mbah KBBI sih Risiko. Ini sering keluar loh di soal UN. Menyebalkan ya, yang biasa kita gunakan itu kan Resiko. Kok yang benar malah Risiko sih?

 

Kata tersebut adalah kata serapan dari bahasa Inggris yaitu Risk yang artinya Bahaya. Nah, karena ini serapan bukan jiplakan maka katanya diubah menjadi Risiko. Dalam KBBI artinya adalah: risiko /ri·si·ko/ n akibat yg kurang menyenangkan (merugikan, membahayakan) dr suatu perbuatan atau tindakan. Jelas anak-anak? *iya ibu-ibu =,=

 

2. Silahkan atau Silakan?

Yang bener yang mana ya? Terkadang saya masih sering pakai kata silahkan dari pada silakan. Tapi kenyataaan pahit yang harus saya hadapi adalah bahwa, apa yang saya tulis ternyata salah. Yang benar adalah silakan. Ini lagi-lagi kerjaan Mbah KBBI yang sudah sepuh itu. Katanya begini: sila 1 /si·la / v, silakan /si·la·kan/ v sudilah kiranya (kata perintah yg halus).

 

3. Idulfitri atau Idul Fitri?

Selamat idul fitri mohon maaf lahir dan batin. Namun kenyataannya ini masih jadi perdebatan panjang sepanjang jalan kenangan mbah surip (apa hubungannya Miss? =,=). Ada yang mengatakan Idul Fitri, ada yang mengatakan idulfitri. Kata ini adalah kata serapan yang diambil dari bahasa arab. Idul sendiri artinya hari, Fitri artinya suci. Jadi Idul Fitri atau Idulfitri adalah hari kembali suci. Dalam bahasa arab, kata ini dipisah karena merupakan dua kata yang beda. Namun saat saya mengeceknya di KBBI online saya hanya menemukan kata fitri yang artinya: fitri 1 /fit·ri /Ar a1 berhubungan dng fitrah (sifat asal); 2 berhubungan dng berbuka puasa. Atau jika saya melihat pada kta fitrah artinya: fitrah 1 /fit·rah /n sifat asal; kesucian; bakat; pembawaan. Saya masih belum puas, maka saya masih ‘maksa’ buat mencari di tempat lain. Maka saya mampir ke Kemdiknas di bagian bahasa, dan saya mulai tahu kalau yang benar adalah idulfitri. Ternyata disambung teman-teman!!! Keget nggak? Kaget dong, please… =,= penjelasannya: Idul·fit·ri n hari raya umat Islam yg jatuh pd tanggal 1 Syawal setelah selesai menjalankan ibadah puasa selama sebulan.

 

4. Suka Cita atau Sukacita?

Yang ini juga sama dengan nasibnya si idulfitri yaitu disambung. Penjelasannya? Baca dengan baik-baik ya… 

su·ka·ci·ta a suka hati; girang hati; kegirangan.

 

5. Hulubalang atau Hulu Balang?

Nah ternyata bahasa Indonesia itu romantis. Nggak mau dipisahin dan mintanya disatukan terus, kayak sepasang kekasih gitu deh…. *salah fokus. Ternyata kata hulubalang ini disambung loh, artinya: hu·lu·ba·lang n 1 kepala laskar; pemimpin pasukan; 2 kepala negeri (distrik); 3 prajurit pengawal; 4 polisi desa; dubalang.

 

6. Telur atau Telor?

Ayo pak, bu, mintanya telor apa telur? Telur mata sapi, telur asin apa telur gulung? Miss A mulai lapar kayaknya ini. Hahaahhaah. Yang satu ini membuat Miss A galau juga ternyata, kenapa? Ternyata yang paling benar adalah telur. Sedangkan kata Telor itu bagian yang tidak baku karena saat saya melihatnya di KBBI saya melihat tanda tanya disebelahnya dan disuruh mengintip ke kata Telur. Jadi yang benar adalah Telur ya

 

7. Robek atau Sobek?

Sobek dan Robek, memiliki arti sama. Kalian bisa menggunakan keduanya. Enak kan? Hahahaha

 

8. Rubah atau Ubah?

Nah kalau yang satu ini benar-benar banyak orang yang masih salah. Ubah dan rubah jelas adalah dua kata yang memiliki perbedaan makna. Rubah sendiri artinya dalam KBBI adalah ru·bah n binatang jenis anjing, bermoncong panjang, makanannya daging, ikan, dsb; Sedangan Ubah adalah ubah v, ber·u·bah v 1 menjadi lain (berbeda) dr semula: wajahnya agak ~ ketika dirasanya sambutanku tidak begitu hangat; dunia rupanya sudah ~ , wanita sekarang berambut pendek; 2 bertukar (beralih, berganti) menjadi sesuatu yg lain: ia bersemadi, lalu badannya ~ menjadi raksasa; paham politik partai itu ~; 3 berganti (tt arah): ~ arahnya; Lalu dari sini timbul pertanyaan lain. Apa perbedaan Ubah dengan Gubah? Eh ternyata artinya beda lagi. gu·bah v, meng·gu·bah v 1 mencocok dan mengatur bunga- bungaan (untuk perhiasan sanggul dsb); merangkai: ~ bunga; 2 mengarang (cerita, lagu, dsb);

 

9. Gula Jawa atau gula jawa?

Ini bukan mengenai disambung, dipisah, kata serapan atau semacamnya. Tapi lebih mengenai pada huruf kapital. Yang benar adalah gula jawa tanpa kapital di depannya.

 

10. Antre atau Antri?

Ini nasibnya sama dengan Risiko tadi. Yang benar itu antre, Guys. Kalau kata mbah KBBI sih an·tre /antré/ 1 v berdiri berderet-deret memanjang menunggu untuk mendapat giliran (membeli karcis, mengambil ransum, membeli bensin, dsb); 2 n antrean;

 

11. Karir atau Karier?

Wah, Yang benar ternyata Karier. Salahkan Mbah KBBI yah kalau mau protes mengenai ketidaknyamanan jari kalian untuk mengetik karier ketimbang karir. Kata mbah KBBI begini penjelasannya: ka·ri·er /kariér/ n 1 perkembangan dan kemajuan dl kehidupan, pekerjaan, jabatan, dsb: ia seorang eksekutif muda yg sedang menanjak — nya; 2 pekerjaan yg memberikan harapan untuk maju: bagaimanapun kita mempunyai — yg harus kita perhatikan pula;

 

12. Praktek atau Praktik?

Saya melarang typo tapi saya melakukan typo sendiri. Wah nggak dapet poin deh *dicakar. Yang benar adalah prak·tik n 1 pelaksanaan secara nyata apa yg disebut dl teori: teorinya mudah, tetapi — nya sukar; 2 pelaksanaan pekerjaan (tt dokter, pengacara, dsb): — dokter dibuka mulai pukul 15.00; 3 perbuatan menerapkan teori (keyakinan dsb); pelaksanaan: aturan itu menemui kesukaran dl — nya;

 

13. Nasehat atau Nasihat?

Yang satu ini juga sering muncul di try out atau di UN sekalipun. Saya pernah nggak lulus tryout gara-gara ini. Menyebalkan. Mbah KBBI sih bilangnya na·si·hat n 1 ajaran atau pelajaran baik; anjuran (petunjuk, peringatan, teguran) yg baik: lebih baik aku turuti — ibu; beroleh — dr kepala kantornya; 2 ibarat yg terkandung dl suatu cerita dsb; moral: cerita itu mengandung — bagi kita sekalian; mau ikutin atau nggak terserah kalian ya. Saran saya ikutin saja. Hahahahaah

 

14. Linear atau Linier?

Linier dan Linear ini memiliki kesinambungan. Ini berkenaan dengan garis. Kalau penjelasannya Mbah KBBI begini: li·ne·ar /linéar/ a berbentuk garis. Kalau pemahaman saya sih kata ini menunjuk pada sebuah benda atau kurva yang memiliki bentuk garis. Jadi lebih menunjuk ke satu benda. Sedangkan li·ni·er /liniér/ a terletak pd suatu garis lurus; Nah pemahaman saya sendiri, ini mengenai suatu masalah, benda, atau hal yang menunjukkan letak atau kesinambungan yang berbentuk garis lurus. Searah atau semacamnya. Saya sendiri masih belum mngerti perbedaannya, mungkin lebih dilihat dari konteks kalimatnya. Mungkin ada yang bisa membantu saya memberi penjelasan untuk yang satu ini?

 

15. Salat atau Shalat?

Kenyataan pahit lainnya yang harus kalian ketahui adalah mbah KBBI kembali bersabda bahwa yang benar adalah Salat. Salahkan dia lagi kalau mau protes ya. Dia menjelaskan seperti ini: sa·lat n Isl 1 rukun Islam kedua, berupa ibadah kpd Allah Swt., wajib dilakukan oleh setiap muslim mukalaf, dng syarat, rukun, dan bacaan tertentu, dimulai dng takbir dan diakhiri dng salam; 2 doa kpd Allah;

 

Sekian dari saya, silahkan berikan suara kalian ^^

 

Miss A

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s