Tool Photoshop

Tool Photoshop

21 Juli 2013 pukul 20:26

Karena minggu-minggu kemarin banyak yang masih bingung soal tool photoshop, aku mencoba untuk merekap fungsi toolnya. Untuk tool-tool yang ada di Photoshop, karena ada banyak, aku akan mencoba untuk membahas yang mudah dan sering digunakan saja. Tentu saja dengan bahasa, dan cara L.Yi sendiri, semoga mudah dimengerti ^^

 

 

  1. Move Tool Tool ini berfungsi untuk memindahkan objek
  2. Marquee Tool Tool ini adalah tool penyeleksi, dimana jika kita menyeleksi dengan tool ini, bagian yang terseleksi bisa diedit, misalnya diberi gradient, atau dihapus. Namun, Marquee Tool hanya bisa digunakan dengan bentuk yang tidak fleksibel, maksudnya bentuk seleksinya hanya seperti itu saja, misalnya lingkaran, maka yang diseleksi akan berbentuk lingkaran, tidak akan bisa menjadi pentagon. Jika diklik kanan, akan muncul pilihan lebih lanjut, yaitu:
    1. Rectangular Marquee Tool
    2. Elliptical Marquee Tool
    3. Single Row Marquee Tool
    4. Single Collumn Marquee Tool
    5. Lasso Tool Tool ini fungsinya sama dengan Marquee Tool, perbedaannya, bentuk seleksi Lasso Tool lebih fleksibel dan bergantung pada arahan kita Jika diklik kanan, akan muncul beberapa jenis Lasso Tool
      1. Lasso Tool (untuk seleski ini, cukup tarik mouse mengelilingi objek yang akan diseleksi)
      2. Polygonal Lasso Tool (untuk seleksi ini, kita harus menentukan titik awal, di mana kita harus menarik tanpa menekan mouse, namun garis dari titik awal tidak akan bisa berbelok karena hanya akan membentuk garis lurus, oleh karena itu untuk membuat lengkungan harus mengklik titik selanjutnya dan menciptakan garis lurus yang baru, begitu pula seterusnya)
      3. Magnetic Lasso Tool (mirip dengan Polygonal Lasso Tool, namun tool ini lebih fleksibel dan bisa melengkung dengan sendirinya sesuai dengan objek yang ada, tool ini bisa mengikuti bentuk objek secara otomatis. Cukup berikan titik awal, kemudian tarik, dan jika perlu klik sampai ke titik akhir)
      4. Quick Selection Tool & Magic Wand Tool Sama seperti Marquee Tool dan Lasso Tool, fungsinya adalah menyeleksi.
        1. Quick Selection Tool (seperti brush, namun fungsinya adalah menyeleksi. Dengan tool ini kita tidak perlu membuat outline atau garis seperti sebelumnya, kita hanya perlu membuat dan memperluas atau memperkecil wilayah seleksi)
        2. Magic Wand Tool (dapat lebih mudah menyeleksi, karena tool ini akan menyeleksi wilayah yang diklik beserta wilayah sekitarnya yang memiliki warna serupa
        3. Crop Untuk memotong gambar
          1. Crop Tool (seperti crop tool pada umumnya yang terdapat pada aplikasi di ponsel atau aplikasi mengolah foto lainnya)
          2. Perspective Crop Tool (sama seperti crop tool, perbedaannya adalah dengan tool ini, memotong gambar akan lebih bervariasi bentuknya, karena salah satu bisa ditarik sehingga membentuk bentuk baru yang tetap saja terdiri dari garis outline yang terbatas, sehingga dapat membentuk bangun datar yang lain dari segi empat, seperti trapezium)
          3. Brush Tool (Aku tidak akan menjelaskan peranan tool yang ada bersamanya seperti Pencil Tool atau Replacement Tool karena memang tidak digunakan)

Berfungsi untuk memberikan pola-pola tertentu dengan warna tertentu dan dengan ukuran yang berbeda. Polanya bisa didapat dari default atau pun di download (seperti di brusheezy.com atau devianART)

  1. Stamp Tool
    1. Clone Stamp Tool (kloning dari gambar yang ditunjuk. Untuk mengambil ‘sample’ tekan ALT dan tekan mouse pada posisi yang diinginkan. Untuk hasil kloningnya bisa langsung didapat dengan menekan mouse dan mengarahkannya ke sana kemari tanpa menekan ALT)
    2. Pattern Stamp Tool (cara penggunaannya seperti Brush Tool, perbedaannya hanyalah hasilnya, karena Pattern Stamp Tool akan membentuk pattern yang sudah dipilih)
    3. Eraser Tool
      1. Eraser Tool (cara menggunakan eraser tool sama dengan brush, hanya saja eraser tool akan menghapus bukan menambahkan)
      2. Magic Eraser Tool (sama seperti Magic Wand Tool, tool ini akan langsung menghapus bagian yang berwarna sama dalam satu area yang tidak terhalang warna lain secara langsung)
      3. Gradient & Paint Bucket Tool
        1. Gradient Tool (untuk memberikan gradasi, dengan cara memilih dan mengatur setting gradasi itu sendiri, kemudian tekan mouse dan tarik ke satu arah, lepas, dan terbentuklah gradasi)
        2. Paint Bucket Tool (sama seperti paint bucket tool dari aplikasi lain seperti Paint, yang akan menumpahkan cat ke kanvas, tool ini akan berfungsi serupa dengan sifat ‘Magic’ Tool jika ditumpahkan pada kanvas yang berisi gambar)
        3. Blur, Sharpen, & Smudge Tool
          1. Blur Tool (untuk mengaburkan gambar yang ditunjuk, cara kerjanya serupa dnegan brush tool)
          2. Sharpen Tool (untuk menegaskan gambar yang ditunjuk, cara kerjanya serupa dengan brush tool)
          3. Smudge Tool (untuk menarik gambar (hasilnya semacam karikatur) ke arah yang ditunjuk, cara kerjanya seripa dnegan brush tool)
          4. Dodge, Burn, & Sponge Tool
            1. Dodge Tool (untuk mencerahkan gambar pada lokasi tertentu yang ditunjuk)
            2. Burn Tool (untuk menggelapkan gambar pada lokasi tertentu yang ditunjuk)
            3. Sponge Tool (untuk membuat gambar terlihat tua pada lokasi tertentu yang ditunjuk)
            4. Pen Tool (dalam konteks ini disarankan Pen Tool menggunakan setting ‘Shape’ bukan ‘Path’)

Untuk menggambar, caranya adalah mengklik titik awal, lalu tarik garisnya, berikan titik lagi, dan lakukan tersebut terus menerus, untuk membuat lengkungan ambil titik di antara titik 1 dan titik dua

  1. Type Tool
    1. Horizontal & Vertical Type Tool (fungsi keduanya sama dengan type tool pada umumnya. Horizontal untuk ke samping, vertical untuk ke bawah namun menghadap ke samping)
    2. Horizontal & Vertical Type Mask Tool (serupa dengan type tool, perbedaannya hanyalaah hasil tulisannya adalah berupa seleksi atau garis semut)
    3. Path Selection Tool

Untuk memindahkan ‘garis’ hasil Pen Tool.

  1. Shape Tool

Untuk menggambar bangun datar seperti Rectangul, Rounded Rectangle, Ellipse, Polygon, Line, Custom (pilihan bentuk custom ada pilihan defaultnya)

  1. Zoom Tool

Untuk memperbesar atau memperkecil gambar pada bagian tertentu

  1. Colour Picker (Foreground-Background)

Untuk memilih warna foreground dan background, bisa dengan mengambil dari kanvas (lembar kerja) untuk menukar posisi foreground menjadi background dan sebaliknya gunakan tanda lengkungan dengan panah di kedua sisi, dan untuk mengubah warna kembali ke default gunakan gambar kecil (miniatur) colour picker berwarna hitam dan putih.

 

 

 

Untuk yang ini, bagian mengubah warna (tanpa merubah tekstur aslinya).  Ada sangat banyak, ada baiknya jika mencoba sendiri, bukankah dengan begitu akan lebih mudah mengingat fungsinya?

 

 

 

Filter, untuk menambahkan atau mengubah tektur gambar. Seperti mengubahnya menjadi terlihat seperti kartun, atau angin di sisi gambar, blur, atau memberikan efek mozaik. Satu hal, Liquify digunakan untuk beberapa hal, sebagai contoh untuk menghilangkan jerawat, mengecilkan wajah, dsb.

 

 

 

Malu bertanya memang sesat di jalan, namun tidak ada salahnya mencoba-coba sendiri? Mungkin bisa tahu jalan yang lebih mudah namun hasil sama, ya kaaaan? Tapi kalau ada yang mau ditanyakan tidak apa-apa kok ^^

 

cr: L.Yi @kpopfanfictionschool

Do not take out without our permission or full credits!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s