POINT OF (FAN)FICT FREE DISCUSS

Fanfiction Free Discuss

Kelas diskusi dan bedah fanfiksi dengan para member melalui sebuah catatan berisi fanfiksi yang dikirimkan member melalui akun kami atau email: kffd09@gmail.com dengan maksud memberikan arahan dan review yang baik untuk fanfiksi member yang bersangkutan juga mengarahkan kepada member cara mereview fanfiksi yang baik seperti apa. FFD bersifat Free untuk member dalam arti bisa diikuti oleh siapapun dan berjalan seperti diskusi, berbagi pendapat atau memberikan poin-poin tentang apa yang harus dibenahi di fanfiksi yang tengah dibahas.

FFD bersifat bebas untuk seluruh author yang di mana sudah menjadi member dengan men-like fanpage KFFSchool dan follow twitter @KFFSchool.

Buat kamu penulis (author) yang mau tulisannya dipublish dan review di KFFSchool, dapat mengirimkan fanfiksi kalian ke email: kffd09@gmail.com namun sebelumnya hubungi Dee untuk ketentuan lebih lanjutnya (biasanya ada tantangan).

Manfaat dari mengikuti FFD Class, yakni:

1. Sebagai promosi via online untuk penulis maupun pembaca.

2. Membangun silahturahmi satu sama lain. Baik penulis – penulis maupun pembaca.

3. Dapat saling belajar satu sama lain dari review yang ada.

Seluruh (fan)fict yang dikirim akan ditampilkan di KFFSchool (via fanpage) setiap Kamis/Jumat.

Nah, berikut ini beberapa poin yang akan dibahas:

Tema

Tema merupakan suatu gagasan pokok atau ide pikiran tentang suatu hal, salah satunya dalam membuat suatu tulisan. Di setiap tulisan pastilah mempunyai sebuah tema, karena dalam sebuah penulisan dianjurkan harus memikirkan tema apa yang akan dibuat.

Setting

Setting adalah tempat atau waktu sebuah cerita berlangsung. Sekalipun pada cerita tertentu setting tidak terlalu penting (setting netral), tapi dalam banyak cerita, setting justru menjadi kekuatan. Setting yang tepat akan membuat cerita kuat, setting yang menarik akan membuat magnet sebuah cerita.

Karakter

Tokoh fiksi/nyata (dalam hal ini adalah idol) yang dapat digambarkan oleh sang penulis. Karakter bisa bermacam-macam, bersifat semi permanen di mana jika kita tidak menginginkannya lagi maka dengan mudah kita bisa menghapusnya. Dalam kehidupan, karakter bisa digambarkan sebagai sifat manusia pada umumnya dimana manusia mempunyai banyak sifat yang tergantung dari faktor kehidupannya sendiri.

Gaya penulisan

Setiap orang memilik gaya menulisnya sendiri. Sederhana dan ringan untuk dibaca berbagai kalangan. Bahasanya mengalir namun tak asal jadi dan tidak terlalu berat juga untuk pembaca pemula. Ada juga yang menggunakan kekuatan diksi sebagai gaya menulisnya, berat dan asyik untuk penikmat tulisan-tulisan rumit. Atau lebih banyak yang menyuguhkan kalimat-kalimat deskriptif, ceplas-ceplos. Gaya menulismu ada pada dirimu sendiri. Jadilah dirimu sendiri, usai berkelana mencuri pembelajaran dari gaya menulis orang lain. Poin disini juga mencakup EyD, TYPO, dan diksi.

IDE & ALUR CERITA

Komposisi ide yang pas dan unik. Kemampuan untuk berpikir kreatif dengan mengeluarkan ide dari penentuan tema. Alur atau rangkaian peristiwa yang membosankan terkadang terasa datar, kemasi dengan berbeda dengan menyelipkan sebuah kejutan dalam alur ceritamu. Terkadang ide dan alur bisa saja sama, namun tidak persis sama dalam penggambarannya. Author memiliki imajinasinya sendiri. Mainkan imajinasimu!

Genre

Di sekolah ini dilarang menggunakan genre NC, YAOI/YURI ataupun Genderswitch.

Ulasan lainnya

Disclaimer, Plagiat.

______________________

NOTE: Jika karya diketahui hasil plagiat, maka author tersebut terpaksa kami blacklist), etc.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s