Pentingnya Memilih Sebuah Judul

Annyeong haseyo! C: Kali ini materi kita akan lebih terperinci, dan untuk minggu ini sesuai judulnya: Pentingnya Memilih Sebuah Judul. Nah, tentu authordeul pernah mengalami pengalaman yang berbeda dengan sebuah judul. Entah itu kesulitan menentukannya atau mungkin tidak terlalu memandangan hal ini sebagai hal yang merepotkan.

 

Title of Fanfiction adalah sebuah identitas pertama yang terbaca dalam sebuah fanfiction. Sebelum menjelajah ke isi, pembacamu akan membaca baris judulmu lebih dulu. Pernah mengalami dilema saat menentukan sebuah judul yang tepat? Tidak hanya kita sebagai author fanfiction, namun author atau pengarang terkenal pun terkadang dilema memperoleh judul yang tepat.

 

Judul seperti kemasan produk. Jika menyediakan kemasan yang baik tentu menangkap perhatian pembaca. Bagaimana sih cara memikat pembaca? Judul menjadi salah satu diantaranya. Bahkan sebuah penerbitan pun tidak memungkiri judul merupakan unsur penting yang menjadi pertimbangan saat naskah dikirimkan ke pihak penerbit. Judul bagus mendahului poin berikutnya, pengarang terkenal, isi ceritanya menarik, rapi, bahasanya bagus dan tidak perlu editing lagi.

 

Berikut ini adalah beberapa poin yang bisa kamu pertimbangkan dalam memilih judul:

  1. Kenali Genre Tulisanmu Judul ibaratnya sebuah pintu ke dalam tulisanmu. Pintu yang akan membawa pembacamu memasuki alur dalam ceritamu. Jangan buat mereka tersesat dalam pintu yang salah. Sebagai author tentu harus bisa mengetahui apa yang ingin disampaikan melalui judul tersebut. Apakah nada riang, centil, ceria atau sendu, lembut dan galau? Apakah genre-nya roman atau fantasi? Segala sesuatu harus diusahakan selaras menghasilkan judul sesuai dengan cerita, genre dan segi estetika agar dapat langsung mengkomunikasikan pesan yang sesuai dengan isi cerita secara menarik.
  2. Tidak Membosankan Menarik & unik, biasanya menjadi hal yang dicari dan minati pembaca. Berpikirlah kreatif yang bisa membuat pembaca langsung terpanggil dengan judul yang kamu cantumkan. Hindari judul yang terlalu biasa dan pasaran. Judul harus mudah diingat pembacamu yang bsa mempermudah rekomendasi para pembaca lainnya.
  3. Sesuaikan Dengan Target Pembacamu Target pembaca juga penting untuk jadi pertimbangan. Apalagi alasannya kalau tidak untuk menarik pembaca yang tepat? Misalnya judul cerita anak-anak biasanya lebih sederhana, mudah diucapkan, dan mudah diingat, misalnya “Pangeran Kodok.” Kalau untuk remaja, biasanya judulnya ceria, optimis, fresh, dan trendy, misalnya, ”Kasihan Deh Alice” (novel teenlit, Phyllis Reynolds Naylor). Jangan sampai deh kamu memberi judul yang “porno” untuk usia di bawah umur. Yang ada nanti teman-temanmu dilarang membaca novelmu oleh orang tua mereka.
  4. Bahasa Ini berkaitan dengan selera, target pembaca, isi cerita, dan pemasaran. Tidak ada hukum harus bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris (atau bahasa lain). Kalau memang tidak menemukan kata yang pas dalam bahasa Indonesia, bisa aja pakai bahasa Inggris atau mungkin kamu merasa kata-kata tertentu lebih keren dalam bahasa Inggris, itu juga oke. Begitu juga kalau kamu merasa bahasa Indonesia lebih mengena, gunakan bahasa Indonesia.

Sebuah judul yang baik dan pas, nilainya sama dengan pembukaan sebuah paragraf, yaitu: menarik untuk dibaca, membangkitkan rasa ingin tahu, dan sesuai dengan keseluruhan isi cerita. 

 

Nah, itulah beberapa poin penting yang kami garis bawahi untuk ketentuan pemilihan sebuah judul yang kami kutip dari beberapa artikel. Semoga bermanfaat untuk authordeul!

 

source: http://klubsastra.multiply.com, gratcianulis

Dengan pengubahan oleh Kpop Fanfiction School. | 10 Maret 2013

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s