Bagaimana Membuat Cerita Menjadi Menarik?

Ini adalah salah satu pertanyaan dari author:

 

Bagaimana cerita yang awalnya menarik, tapi begitu baca adegan-adegan selanjutnya yang ada malah boring? Supaya cerita yang kita buat masih bisa menarik minat, bahkan lebih pembaca, harus seperti apa?

 

Jawab:

Kalau menurut saya yang pertama tentunya ceritanya harus fokus tidak melebar kemana-mana. Biasanya cerita itu tidak semata-mata hanya berurusan dengan ketidaktahuan pembaca, seperti mampu membuat readers seolah-oleh terlibat di cerita yang kita buat. Buat alur yang kurang pasti terhadap peristiwa-peristiwa yang akan terjadi di cerita kita, khususnya pada tokoh yang sangat menarik simpati dari pembaca misalnya tokoh utama. Mungkin dengan begitu pembaca akan terus penasaran dengan apa sih yang akan terjadi selanjutnya dengan tokoh kesayangannya itu?

 

Wina Marchi Fitria: Menurut aku sih sama kayak ssaem, fokusin aja dulu ceritanya jangan melenceng ke hal yang sebenernya ga ada di FF itu.Trus pas nulis sambil membayangkan adegan selanjutnya apa, dan bayangkan tokoh utama itu adalah kita. Bayangin kalo kita memang berperan dalam FF ituKalo ngerasa buntu pas nulis, mending berhenti. Sambil ngayal adegan apalagi yang perlu ditulis.Moga bermanfaat sarannya.

 

Hazmi Calida: Menurut sya pembuka cerita yg menarik adalh kunci awal keberhasilan sebuah cerita sampai ke pembaca. Menjadikan bagian lanjutan cerita setelah pembuka tetap menarik adalah tetap mengkorelasikannya dengan pembuka, bisa dengan membuat detil-detil yang menjelaskan pembuka, atau menampilkan sebab-sebab dari hadirnya cerita pada pembuka. Hal ini akan tetap merangkul pembaca pada cerita yg ingin disampaikan yang terlebih dahulu diberikan diawal cerita. .Tapi, hingga sekarang sya kadang kesulitan merealisasikan konsep ini dalam praktik sya sendiri karna satu dua hal. *curhat*

 

Earlene Jeand: Aku juga kesusahan di situ ssaem.Kdg author malah ngalor ngidul ceritanya -.-jadi butuh waktu yg lama buat bikin satu FF aja

Kim Min Jung: Ssaem, aku masih kurang ngerti nih gimana caranya buat bikin readers seolah-olah ikut terlibat dalam cerita yang kita buat…Mohon bantuannya

 

Jawab:

 

Pakai sudut pandang pertama ‘biasanya’ lebih menyihir. Karena secar tidak langsung pembaca ikut berperan dengan kata ‘aku’ dari si penulis.

 

Puti Rinda Mardhoti: Gimana ya? Kalo aku awal bikin paragraf sih emang berusaha bikin readers tertarik, tapi emang kadang pas dilanjutin eeh…akunya sendiri aja bosen sebagai authornya ngerasanya…kok keanya critanya gini2 aja? Biasanya buat dapet alur crita yg bagus, aku berhenti dulu sejenak buat cari2 inspirasi. Misalnya dari apa yg kita tonton yg bikin kita tertarik adegannya. Pasti kita mikir kalo orang lain juga tertarik. Akhirnya aku masukin adegannya tapi lebih dibedain. Misalnya di film itu pemainnya ngelakuin A, gimana biar beda + ga ngebosenin kita bikin dia ngelakuin B di crita kita? Gitu~

 

Shippa Kim @Kim Min Jung : mian ikut jawab, chingu coba bayangin aja kalo cast yeojanya itu chingu. otomatis kalo chingu uda bisa ngebayangin dan berasa masuk jadi tokoh di FF yang chingu buat, biasanya readers juga pasti ngerasain hal sama

 

Qyu Lie Ken’shie YUi’naQo: Ssuatu yang ditulis dari hati pasti samapi dihati juga..

 

 

Berikut ada beberapa hal yang membuat sebuah cerita menjadi menarik :

– Gunakan bahasa yang tidak bertele-tele, pas, dan fokus.

– Tanda bahwa sebuah judul menarik adalah pembaca sudah suka padahal baru membaca judulnya saja. So, tentukan judul yang unik.

– Paragraf pembuka yang membuat penasaran

– Konflik yang menegangkan baik secara konflik fisik maupun psikis atau batin.

– Ending yang mencengangkan, yang berbeda dari yang lain, tidak terduga.

 

Apa pendapatmu? Share di sini! 🙂

Iklan

2 responses to “Bagaimana Membuat Cerita Menjadi Menarik?

  1. Kalau aku pribadi lebih suka fanfic yang gak terlalu banyak narasi, hehe :3
    Menurutku, lebih bagus kalau awal fanfic diceritain dengan beberapa dialog misterius yang bikin orang penasaran dan terus mikir, “apaan sih ini?” / “kenapa sih?” / “nanti gimana yah..”
    xD itu dari saya hahaha~

  2. yap… aku setuju sama komen ‘salicelee’ tentang gak suka terlalu banyak narasi.

    sekarang aku lagi nyoba-nyoba bikin ff dan lagi nyari-nyari tips bikin ff. semua blog yg aku kunjungi secara gak langsung mengatakan menariknyanya sebuah ff itu pasti dari jalan ceritanya. tapi sebagus apapun jalan cerita itu, jika gaya tulisan yg digunakan tidak menarik atau ambru adul. pasti readers males baca.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s