Apa Judul Fanfictionmu?

  1.  Authordeul , pernah enggak menemukan sebuah judul yang kamu tentukan ternyata sama dengan karya orang lain? Bagaimana menurutmu?
  2. Apa sih sumber inspirasimu dalam memilih sebuah judul fanfiction?

 

Nyatanya, semua hampir mengalami hal yang pertama ya? Entah itu karena songfict seperti Puti Rinda Mardhoti atau karena memang kebetulan sama.

 

pernah. entah lebih dulu dia atau aku. yang pastinya jalan ceritanya berbeda. mungkin bukan hanya 1 atau 2 ff yang judulnya sama tapi lebih. tapi inti ceritanya berbeda semua, jadi ga perlu khawatir ff aku di jiplak atau aku tiduduh ngejiplak karya orang – Ai Siti Mulyani

Pernah Ssaem, dan itu cukup mengejutkan. Beruntung isi karangannya tak sama. Dan adanya kesamaan dalam judul, menurut saya tak masalah selama penulis komitmen dan dapat bertanggung jawab terhadap tulisannya (dalam hal ini, tidak melakukan tindakan plagiat) -Nadya Rahmadya.

 

 

Baiklah, authors, seperti yang aku kutip diatas, ternyata judul itu terkadang memiliki kesamaan namun belum tentu dengan isinya. Seperti halnya nama, nama saya Nana, namamu Nana? Apakah kami orang yang sama? Tidak. Begitu juga dengan ide. Ide boleh sama namun apakah ia memiliki rasa cerita yang sama? Judul, ide ataupun nama, semua itu dapat dipakai oleh siapa saja yang mau mempergunakannya. Tinggal bagaimana kita mengolah dan memainkan imaji kita untuk menuliskannya.

 

Untuk masalah inspirasi perihal judul, biasanya saya membaca ulang karangan yang dibuat, kemudian berusaha menyederhanakan cerita dan mulai memikirkan judul yang tepat. Atau bahkan terkadang menentukan judul terjadi begitu saja berdasarkan celetukan iseng. Hehe. -Nadya Rahmadya

Kedua, aku juga ngeliat kisah-kisah orang di sekitarku, tapi kalo yang ini aku rasa lebih sulit menurutku. Kecuali kita udah ngedenger sebuah kisah seseorang ke kita yang udah bener-bener menginspirasi dan bisa bikin cerita sampe abis, itu baru sedikit menghilangkan kata sulitnya  hehehe -Vadya Rhandissa 

 

Sumber inspirasimu tergantung padamu, apapun yang terjadi di sekitarmu seperti Kim Min Jung yang mendapatkan sebuah judul saat sedang belajar di kelasnya. Atau seperti Shinn Purplee Bocboedakks dan kebanyak authors yang mendapatkan inspirasinya dari sebuah lagu.

 

10 Maret 2013

Tinggalkan Balasan

